Press "Enter" to skip to content

Tips Memilih Perusahaan Kerja Setelah Lulus SMK!

smkperbankan 0

Halo Sobat SMK Perbankan Alumnika๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™.

Selain melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yang spesifik, teman-teman yang memilih SMK pasti bertujuan untuk langsung terjun ke dunia kerja๐Ÿ›๐Ÿ›๐Ÿ›. Nah, mencari pekerjaan selain harus sesuai dengan bidang yang diinginkan juga harus mempertimbangkan perusahaan dimana kita akan bekerja๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช. Nah berikut adalah hal yang harus dipertimbangkan dalam mencari tahu dan memilih perusahaan๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡.

1. Ukuran perusahaan

Untuk sobat yang benar-benar awam dengan dunia kerja, ukuran perusahaan sudah pasti menjadi dasar untuk menentukan apakah perusahaan tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk.

Besar kecilnya perusahaan dapat mempengaruhi keputusanmu karena semakin besar perusahaannya, semakin banyak benefit yang akan didapatkan. Misalnya, jumlah tunjangan, tanggungan asuransi, atau fasilitas yang didapat. Di sisi lain, perusahaan besar memiliki aturan dan prosedur standar yang lebih rumit. Sedangkan di perusahaan yang lebih kecil kamu mungkin tidak akan mendapatkan benefit yang banyak seperti di perusahaan besar, namun akan sangat lebih fleksibel baik dari aturan, prosedur standar, sampai waktu sehingga memperluas ruang gerakmu untuk berinovasi dan berkarya.

2. Lokasi dan jarak perusahaan

Jauh dekatnya lokasi perusahaan akan mempengaruhi biaya transportasi yang akan sobat keluarkan, bahkan biaya akomodasi jika ternyata jaraknya terlalu jauh dan mengharuskan untuk tinggal di asrama/kost karyawan. Kamu juga harus memperhitungkan tenaga yang harus sobat keluarkan dan waktu yang akan dihabiskan selama di perjalanan untuk dapat menentukan lokasi perusahaan yang ideal untukmu.

3. Kontrak yang ditawarkan

Ketika kamu sudah mencapai tahap yang cukup jauh ketika melamar kerja ke suatu perusahaan, kontrak kerja adalah hal yang nggak boleh  disepelekanโ€”apalagi abaikan. Selain harus mengetahui apa saja pekerjaan yang menjadi tanggung jawab di perusahaan tersebut, sobat juga berhak untuk mengetahui apa yang ditawarkan perusahaan dan ini tentunya jauh lebih penting selain gaji yang akan kamu terima.

Sebagai gambaran, hal-hal yang harus tercantum dan sobat ketahui di dalam kontrak kerja adalah:

  • Masa percobaan
  • Masa kerja
  • Posisi dan pertanggungjawaban kerja
  • Deskripsi tugas
  • Jam kerja
  • Hak dan benefit pekerja seperti gaji, bonus/tunjangan, asuransi, fasilitas, jatah cuti, reimbursement, perpindahan wewenang, dan
  • Masa berlaku surat kontrak

4. Budaya kerja

Zaman sekarang, budaya kerja suatu perusahaan juga akan sangat mempengaruhi keputusan seseorang dalam memilih perusahaan. Jika sobat ingin sekali memilih pekerjaan yang sangat sesuai dengan minat dan kemampuan, lingkungan juga harus mendukung agar sobat bisa betah bekerja dan mampu berkarya dengan maksimal. Mengobservasi dan menggali informasi tentang bagaimana budaya kerja di perusahaan yang  diincar itu disarankan lo, sobat. Hal yang perlu kamu ketahui mengenai budaya kerja ini akan sangat beragam, mulai dari ritme kerja, jam kerja, aturan berpakaian, cara para karyawan saling berkolaborasi, adanya senioritas, sampai transparansi.

5. Kesempatan mengembangkan diri

Cari tahu kesempatan apa yang sobat punya di perusahaan tersebut untuk dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Bisa jadi konteksnya dalam hal promosi alias naik jabatan, atau setidaknya perusahaan memberikan kamu ruang dan keleluasaan untuk mengembangkan dirimu di luar perusahaan bahkan di ranah lain. Entah itu dalam bentuk pelatihan berkala, pindah tugas, atau bahkan lanjut sekolah lagi.

Nah, sobat SMK Perbankan yang ingin langsung masuk dunia kerja, sekarang bisa memilih perusahaan yang lebih tepat serta menjamin masa depan.๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *